kriteria Presiden Mahasiswa yang ideal


Presiden Mahasiswa pemilihannya harus melalui mekanisme pemilu langsung atau yang lebih dikenal dengan nama Pemilu Raya.  


Pemilu Raya ini nantinya akan difasilitasi oleh sebuah badan pemilihan umum. Untuk itu, seiring dengan semangat mendukung Pemilu Raya inilah saya mengemukakan pendapat mengenai kriteria– kriteria Presiden Mahasiswa yang ideal.

Menjadi seorang Presiden Mahasiswa bukanlah sebuah hal yang ringan. Untuk menduduki posisi tersebut kita harus melalui perjalanan dan pembelajaran yang optimal. Seorang Presiden Mahasiswa nantinya diharapkan mampu menjadi seorang pemimpin yang handal serta menjadi panutan bagi seluruh mahasiswa.

Untuk itu, menurut saya seorang Presiden Mahasiswa harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

Presiden Mahasiswa Harapan Kita oleh Patriot Rieldo Perdana

1. Visioner
Dalam hal ini seorang Presiden Mahasiswa dituntut harus mampu memiliki pandangan strategis ke depan. Hal ini erat kaitannya dengan akan kemanakah kelembagaan ini dibawanya. Disamping itu, seorang Presiden Mahasiswa harus mampu menetapkan target – target yang berupa gebrakan menuju ke arah yang lebih baik.
Presiden Mahasiswa Harapan Kita oleh Patriot Rieldo Perdana
2. Arif dan Bijaksana
Ini merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang Presiden Mahasiswa. Seorang Presiden Mahasiswa merupakan seorang pemimpin dan seorang pemimpin merupakan panutan. Dalam universitas tentunya kita akan menemukan dinamika sosial dan budaya. Maka dari itu, tak jarang bermunculan permasalahan – permasalahan atau pandangan – pandangan yang berseberangan dengan pandangan Presiden Mahasiswa tersebut. Disinilah kemampuan seorang Presiden Mahasiswa diuji. Seorang Presiden Mahasiswa yang handal ialah ketika ia mampu mengelola dinamika ini untuk memajukan kelembagaan. Misalnya ketika muncul perbedaan – perbedaan pandangan, alih – alih bereaksi, seorang Presiden Mahasiswa harus mampu menggunakan kemampuan asertifnya. Seorang Presiden Mahasiswa harus diharamkan dari sikap – sikap yang berbau anarkis,intimidasi, serta sikap – sikap yang tidak mencerminkan kearifan dan kebijaksanaan.
Presiden Mahasiswa Harapan Kita oleh Patriot Rieldo Perdana
3. Berkompeten
Berkompeten disini bermakna bahwa seorang Presiden Mahasiswa haruslah orang yang benar – benar qualified. Dalam hal ini meskipun seorang Presiden Mahasiswa harus berperan sebagai sebagai praktisi, ia juga dituntut harus mampu bertindak sebagai konseptor. Kemampuan seorang Presiden Mahasiswa sebagai seorang praktisi harus sama baiknya dengan kemampuan konseptornya. Hal ini berangkat dari pemikiran bahwa Presiden Mahasiswa berperan untuk menjalankan kekuasaan dan kekuasaan tidak pernah terlepas dari sistem. Untuk merancang sebuah sistem itulah seorang Presiden Mahasiswa harus memiliki kemampuan sebagai konseptor.
Presiden Mahasiswa Harapan Kita oleh Patriot Rieldo Perdana
4. Berwawasan
Tentunya dalam hal ini kita sepakat bahwa seorang Presiden Mahasiswa harus memiliki wawasan yang luas. Hal ini didasarkan bahwa seorang Presiden Mahasiswa sebagai panutan akan dicontoh oleh mahasiswa lainnya. Disamping itu, seorang Presiden Mahasiswa secara tidak langsung juga berperan sebagai duta universitas ketika bertemu dengan pihak – pihak di luar universitas. Oleh karena itu, wawasan seorang Presiden Mahasiswa yang nantinya dapat dinilai oleh pihak – pihak lain tersebut akan sangat menentukan karena ketika seorang Presiden Mahasiswa menyampaikan wawasannya, hal ini akan menjadi sebuah cerminan dari wawasan seluruh mahasiswa. Untuk melihat seberapa besar wawasan orang yang ingin menjadi Presiden Mahasiswa dapat dilihat dengan cara seberapa banyak ia telah menuangkan pemikirannya. Hal tersebut dapat berupa tulisan – tulisannya, ide – idenya, serta konsep – konsep rancangannya.
Presiden Mahasiswa Harapan Kita oleh Patriot Rieldo Perdana
5. Mampu memposisikan diri
Hari ini sangat tidak tepat lagi apabila seorang Presiden Mahasiswa ketika menyelesaikan sebuah permasalahan harus berperan sebagai orang yang reaktif dan bermental pembangkang. Sudah saatnya seorang Presiden Mahasiswa mampu menempatkan diri secara efektif. Ada saatnya seorang Presiden Mahasiswa berperan sebagai seorang diplomat dan menempuh jalan diplomatis dalam menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang ada. Disamping itu, ada pula saatnya ketika sikap kritis dan membangkang perlu ditunjukkan oleh seorang Presiden Mahasiswa tetapi untuk tujuan – tujuan positif dan konstruktif. Untuk itu, kemampuan memposisikan diri harus ditempatkan secara objektif dan efektif.
Presiden Mahasiswa Harapan Kita oleh Patriot Rieldo Perdana
6. Profesional
Saat ini kita hidup pada era informasi yang berjalan dengan cepat. Tentunya era tersebut juga menimbulkan perbedaan – perbedaan yang kontras bagi kehidupan kelembagaan. Untuk itu, seorang Presiden Mahasiswa harus mampu bersikap profesional dalam menanggapi perbedaan tersebut. Artinya, ketika menanggapi perbedaan tersebut seorang Presiden Mahasiswa harus menempatkan sikap profesionalitas serta sportivitasnya di tempat yang terdepat. Seorang Presiden Mahasiswa dituntut untuk dapat membedakan permasalahan – permasalahan sesuai dengan dasar permasalahan tersebut. Misalnya, ketika seorang Presiden Mahasiswa memiliki permasalahan – permasalahan pribadi hendaknya permasalahan tersebut ditempatkan pada posisi yang wajar dan tidak dicampur aduk dengan urusan kelembagaan. Fenomena like and dislake ini tak jarang menghancurkan kelembagaan ketika tidak dikelola secara profesional.

Dan mungkin masih banyak kriteria – kriteria yang dibutuhkan oleh seorang Presiden Mahasiswa. Akan tetapi, ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan yaitu bagaimanapun juga seorang Presiden Mahasiswa juga adalah manusia yang tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangannya. Dengan demikian, yang mampu kita harapkan ialah seorang sosok Presiden Mahasiswa yang sewajarnya. Artinya ialah seorang Presiden Mahasiswa yang mampu berpikir, berjuang, dan bekerja layaknya seorang Presiden Mahasiswa. 
Terima kasih.

St.Faizal - Presma ke-V - BEM KM MIC
2 Komentar untuk "kriteria Presiden Mahasiswa yang ideal"

tentunya dia adlah seseorang yang memiliki keyakinan yang kuat dalam hatinya untuk mewujudkan cita2 agamanya, dirinya,keluarganya, sekolahnya dan bangsanya

tak lepas dari itu...,dia mampu merangkul semua belah pihak, dan menempatkan sesuatu pada tempatnya

itu care bukan? :)

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info